Menjaga Kesehatan Mata
Mata adalah salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting, yang berfungsi sebagai indera penglihatan. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan mata kita, agar tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit mata. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah agar terhindar dari berbagai penyakit mata. Berikut ini adalah tips cara menjaga kesehatan mata.
Tips Menjaga Kesehatan Mata

1.    Perhatikan riwayat kesehatan mata keluarga

Riwayat kesehatan mata keluarga Anda dapat membantu menentukan, apakah Anda termasuk beresiko terkena penyakit atau kelainan mata yang sifatnya turunan atau tidak.

2.    Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup / gelap yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
 
3.    Jaga jarak pandang

Jarak pandang yang ideal ketika membaca buku adalah sekitar 30 cm. Posisi tubuh saat membaca juga harus diperhatikan yaitu duduk tegak, hindari membaca dengan posisi tiduran. Jaga jarak pandang ketika sedang berada di depan layar komputer maupun saat melihat TV. Jarak pandang yang ideal yaitu sekitar 50 – 150 cm tergantung besar layar TV atau monitor komputer Anda.

4.    Hindari kebiasaan mengucek mata

Hindari mengucek mata ketika mata terasa gatal. Ketika tangan Anda kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.

5.    Istirahatkan mata

Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku, bermain game, atau berada di depan layar komputer. Jika terlalu lama, mata akan lelah. Istirahatkan dahulu mata anda untuk beberapa saat. Salah satu metode 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PPkN Tunanetra

Desain Big Book, Word Wall dan Mini Book