RPP PPkN Tunanetra

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SDN PENUH KASIH
Kelas / semester         :  3 / 1
Tema                          :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema                   :  Perkembangbiakan dan Daur Hidup
                                        Hewan                   
Petemuan ke              :  1
Alokasi waktu            :  5 x 35 menit


A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia
3.2
Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
PPKn
3.1
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.

4.2
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

PJOK
3.5
Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4.5
Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
1.
Mengidentifikasi isi teks tentang perawatan kucing.
2.
Menuliskan tata cara merawat hewan

Anak tunanetra
1.
Menuliskan tata cara merawat dengan menggunakan huruf braille
PPKN
1.
Mengidentifikasi hak anggota keluarga.
2.
Mengidentifikasi kewajiban anggota keluarga.
3.
Mengelompokkan hak-hak yang telah telah diperoleh di rumah.
4.
Mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah.
PJOK
1.
Mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan
2.
Mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks tentang perawatan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara merawat hewan yang baik melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan benar.
2.       Dengan mengamati kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, siswa dapat menuliskan tata cara merawat hewan yang pernah dilakukan dengan benar.
3.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak nonlokomotor yang ada pada permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
4.      Dengan mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan gerak nonlokomotor dalam sebuah permainan menirukan gerak hewan dengan benar.
5.      Dengan kegiatan membaca teks tentang saling menghargai, siswa dapat mengidentifikasi hak setiap anggota keluarga dengan benar.
6.      Dengan membaca teks tentang saling menghargai, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban setiap anggota keluarga dengan benar.
7.      Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengelompokkan hak-hak yang telah diperoleh di rumah dengan benar.
8.      Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengelompokkan kewajiban yang telah dilaksanakan di rumah dengan benar.

E.     Materi Ajar
Bahasa Indonesia
1.      Mengidentifikasi cara merawat hewan.
2.      Menuliskan tata cara merawat hewan.
PJOK
1.      Mengidentifikasi gerak nonlokomotor.
2.      Menerapkan gerak nonlokomotor.
PPKn
1.      Mengidentifikasi hak setiap anggota keluarga.
2.      Mengidentifikasi kewajiban setiap anggota keluarga.
3.      Mengelompokkan hak-hak yang telah diperoleh di rumah.
4.      Mengelompokkan kewajiban yang telah diperoleh di rumah.

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Teknik             : Example Non Example
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak peserta didik memulai aktivitas dengan berdo’a sesuai dengan ajaran agama mereka masing-masing.
2.      Mengajak peserta didik menyebutkan hewan peliharaan.
3.      Menginformasikan Sub tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Inti
Bahasa Indonesia
1.      Guru mengajak siswa membaca “Big Book” bersama-sama dengan judul “KUCINGKU”. (disediakan buku dalam bentuk braille untuk anak tunanetra)
2.      Guru membaca cerita dan siswa menirukan.
3.      Guru mengajak siswa untuk duduk saling berhadapan, siswa saling menceritakan isi “Big Book” dengan judul “KUCINGKU”.
4.      Guru menawarkan pada siswa untuk menceritakan “KUCINGKU” di depan kelas.
5.      Kembali ketempat duduk, secara berkelompok menyususn cerita dalam kertas, sesuai cerita “KUCINGKU” (untuk anak tunanetra disiapkan dalam bentuk tulisan braille dengan tulisan awas jadi satu)
6.      Guru menawarkan perwakilan kelompok untuk bercerita “KUCINGKU”.
7.      Guru memberikan pertanyaan tentang cerita “KUCINGKU”yang telah tersedia di Word Wall. (Word wall difasilitasi dengan huruf braille)
8.      Perwakilan siswa berbagi pengalaman merawat hewan peliharaan. Siswa menyampaikan tahapan dan kebutuhan alat untuk merawat hewan. (bimbingan guru pendamping)
9.      Siswa berlatih menuliskan petunjuk perawatan hewan. Siswa dapat menuliskan petunjuk perawatan secara umum atau khusus, misalnya tahapan memandikan hewan dimulai dari membasahi badan, menambahkan sabun, dan mengeringkan badan atau menjelaskan kegiatan merawat hewan secara garis besar. (guru mempraktekkan secara langsung bagaimana cara perawatan hewan kucing untuk memfasilitasi anak tunanetra)
10.  Siswa menulis pada tempat yang tersedia.(untuk anak tunanetra dengan tulisan braille)

PJOK
1.      Siswa melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas. (bimbingan guru pendamping)
2.      Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi gerakan kucing. (tunanetra dengan disediakan benda konkretnya)
3.      Perwakilan siswa memperagakan gerak yang akan di pelajari. Siswa pertama-tama tidur terlentang. Lalu, siswa mengangkat kakinya satu persatu. Siswa menahan kakinya untuk beberapa saat. Setelah itu, siswa mengangakat tangannya ke atas dan menahannya. Setelah kedua kaki terangkat, lalu taruh bola di atas kedua tangan atau kedua kaki. Teman-teman yang lain menghitung untuk mengetahui berapa lama siswa dapat melakukan gerakan tersebut. (Siswa tunanetra membutuhkan pendampingan untuk melakukan gerakan yang sesuai dan benar)
4.      Seluruh siswa mencoba melakukan gerakan tersebut secara berkelompok.
5.      Siswa saling mengamati dan membandingkan kemampuan dalam melakukan kegiatan tersebut. (siswa tunanetra melakukan dengan meraba kaki temannya yang berbeda)
6.      Setelah selesai, siswa diminta untuk melakukan pendinginan, dapat dengan cara duduk sambil meluruskan kaki atau mengatur pernafasan sampai badan kembali terasa rileks. (siswa tunanetra butuh pendampingan untuk melakukan gerakan dengan benar)
7.      Kegiatan diakhiri dengan berdiskusi tentang pengalaman melakukan aktivitas fisik tersebut. Lalu, menyampaikan hal lain yang ingin mereka ketahui tentang gerak kucing atau hewan lainnya yang dapat ditiru untuk dijadikan latihan fisik dalam bentuk permainan.

         PPKn
1.      Siswa membaca teks dan mengamati isi teks. (guru menyiapkan teks dalam bentuk braille)
2.      Siswa mengidentifikasi hak dan kewajiban setiap anggota keluarga. (bimbingan guru pendamping)
3.      Siswa mengamati kejadian sehari-hari, lalu mengelompokkan hak-hak yang sudah diperoleh dan kewajiban yang sudah dilaksanakan di rumah.(guru pendamping menjelaskan dan menuntun siswa untuk mengetahui hak-hak di rumah berdasarkan pengalamannya)
4.      Siswa membentuk kelompok sebanyak 5 orang
5.      Siswa berdiskusi tentang hak dan kewajiban dalam keluarga
6.      Masing-masing anggota siswa menuliskan hasil diskusi pada buku masing-masing (menuliskan dengan huruf braille di buku tugas)
7.      Kegiatan dilanjutkan dengan mengidentifikasi hak dan kewajiban yang sudah mereka terima atau lakukan di rumah. (bimbingan guru pendamping)
8.      Setelah siswa memahami dan mengidentifikasi mengenai hak dan kewajiban, siswa berlatih untuk mengevaluasi diri sendiri tentang pelaksanaan bersikap tertib saat berdiskusi, sebagai implementasi dari pelaksanaan kewajiban di sekolah. (bimbingan guru pendamping)
9.      Siswa menilai diri sendiri dengan cara menjawab pertanyaan yang ada pada buku. (bimbingan guru pendamping)
150 menit
Penutup
1.      Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan / rangkuman tentang hak dan kewajiban yang harus dilakukan sebagai anggota keluarga. Contohnya adalah kewajiban merawat hewan yang ada di rumah.
15 menit
2.       Bertanya jawab tentang materi yang dipelajari

3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a  untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran

·      Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya
·      Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo,a langsung diberi nasihat agar besok kalau berdo,a lebih disempurnakan


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·      Lingkungan sekolah
·      Buku Tematik Tema Diriku
·      Big Book “Kucingku”
·      Word Wall
·      Kertas Bufallo
·      Pensil warna

I.       PENILAIAN
a.      Penilaian Sikap
b.      Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan




Mengetahui                                                                                        Sidoarjo, 15 Juli 2013                                                                                                                                                          
Kepala Sekolah,                                                                                Guru Kelas 1                                                            

Dra. Sumijati                                                                        Herlina Meity Utami Dewi, S.Pd
NIP. 19549406 197502 2 005                                                            NIP. 19800520  201001 2 021


Analisis RPP

Jika dilihat dari segi kurikulum yang diterapkan pada RPP diatas, RPP tersebut sudah menggunakan Kurikulum 2013 dengan tepat. Karena dalam penyusunan kurikuluk KTSP dan K13 terletak pada Tujuan, SK-KD, dan Evaluasi.
Ø  Dalam kurikulum K13 diatas tercantum KI (kompetensi Inti),KD (kompetensi Dasar), Indikator. Dalam KTSP hanya dideskripsikan standart kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) guru sendiri yang harus menentukan indikator.
Ø  Dalam kurikulum K13 yang diterapkan diatas setiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi (sikap, keterampilan, pengetahun). Tapi jika KTSP mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu.
Ø  Dalam kurikulum K13 diatas mata pelajaran sudah dirancang terkait antara satu dengan yang lainnya dan memiliki kompetensi dasar yang diikat oleh kompetensi inti tiap kelas. Tapi berbeda lagi dengan kurikulum KTSP mata pelajaraannya dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri.
Ø  Dalam kurikulum K13 diatas semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan saintifik melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan. Tetapi berbeda lagi dengan KTSP karena disetiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda.
Dalam Penilaian kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik yang mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil. Dalam kurikulum KTSP yang dinialai yang demikian benar-benar terjadi dan dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penilaian le

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Big Book, Word Wall dan Mini Book